Kamis, 05 April 2012

perawatan dan pengobatan berbagai penyakit


PERAWATAN DAN PENGOBATAN BERBAGAI PENYAKIT


            Bila seseorang tidak cepat tanggap terhadap perubahan-perubahan yang
terjadi,timbulah beragam kasus penyakit dengan manifestasinya. Banyaknya kasus penyakit diabetes mellitus,hipertensi,serangan jantung koroner,kanker dan masih banyak penyakit lainnya yang diderita masyarakat. Hal tersebut banyak disebabkan oleh kelalaian dalam menerapkan pola hidup sehat serta kurangnya pengenalan penderita mengenai penyakit itu sendiri.
            Berikut ini akan diuraikan informasi-informasi actual tentang kasus-kasus penyakit. Selamat membaca !

  1. Klasifikasi Penyakit Kanker

            Pendahuluan
Tumor dapat dibagi dalam 2 golongan :
ü      Ganas(yang disebut kanker) dan
ü      Jinak ( tidak ganas)

Penyebab kanker
            Para cendekiawan dari seluruh penjuru dunia mempunyai berbagai teori setelah mereka menggarap dan mempelajari masalah kanker. Dengan ditemukannya zat-zat ultramikroskopik atau disebut juga vira(jamak dan virus),tidak mengherankan jika bila banyak ahli biologi berpendapat bahwa virus itulah yang menjadi pelaku utama hingga sel menjadi ganas.
            Para ahli mengatakan bahwa penyebab kanker tersebut adalah ketika bersatunya sel sperma pria dan sel telur wanita,dimana para ahli mengemukakan bahwa kanker tersebut disebabkan karena kelainan keturunan,dengan adanya perubahan-perubahan dalam inti sel.
            Ahli lain juga menyebutkan bahwa penyebab kanker itu bias juga karena pekerjaan seseorang. Sebagai contoh orang yang bertahun-tahun bekerja dengan bahan-bahan tertentu seperti jelaga,orang itu kemungkinan besar akan menderita kanker kulit. Contoh lain,penyapu-penyapu cerobong asap,serta bahan-bahan celup tertentu dipabrik  yag dapat menimbulkan kanker.
            Namun tidak pernah ada penyakit yang bias disembuhkan tanpa mendapat perhatian,demikian pula taka ada penyakit yang disebabkan mendapt perhatian yang luas. Oleh karena itu organisasi-organisasi anti kanker diberbagai Negara telah menerbitkan suatu pedoman tentang gajala-gejala yang berbahaya atau gejala-gejala yang mencurigakan,seperti luka yang tidak mau sembuh,benjolan atau pembengkakan dalam payudara,perdarahan atau pengeluaran cairan yang abnormal dari dalam tubuh,dan masih banayk gejala-gejala lain yang jauh digaris normal. Satu-satunya jalan untuk mengetahuinya adalah dengan berkonsultasi kedokter.

KLASIFIKASI

Penyakit kanker dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
ü      Carcinomas
ü      Reticuloses

CARSINOMAS
            Carcinomas ini timbul dari jaringan epitil,yaitu kulit dan selaput lender yang membungkus alat-alat tubuh. Istilah kanker pada umumnya menunjukkan salah satu dari kelompok ini. Penyakit yang termasuk gol ini al:
ü      Kanker Payudara
ü      Kanker Paru-paru
ü      Kanker Uterus
ü      Kanker Usus
ü      Kanker Kandung Kemih
ü      Kanker prostate
ü      Malignant Melanoma

RETICULOSES
            Sel-sel kanker ini berada dalam jaringan-jaringan pembentuk darah dari getah bening dan tulang sumsum dan membentuk sel-sel darah putih yang abnormal banyaknya. Penyakit yang termasuk kedalam golongan ini adalah:
           
ü      Leukemia
ü      Penyakit Hodgkin

Factor yang mempermudah serangan
Ada beberapa factor yang mempermudah serangan kanker,yakni:

1)      Sel-sel tubuh.
2)      Zat kimia
3)      Factor biologis
4)      Masalah hidup dan kesehatan

1. Sel-sel tubuh
ü      Kulit yang terkelupas karena terkena sinar yang berlebihan dapat menyebabkan kanker kulit pertama dimana kulit telah terkelupas.
ü      Warna kulit seseorang dapat mempengaruhi,misalnya orang kulit hitam lebih tahan karena pigmen kulitnya menyaring sinar UV sehingga kulit terlindungi.
ü      Orang dengan resiko terkena sinar-X dengan komposisi banyak lebih rentan terhadap penyakit kanker.
ü      Orang dengan ledakan bom

  1. Zat kimia

ü      Penggunaan obat-obat bius penenang dalam dalam dosis lebih.
ü      Konsumsi alcohol berlebih.
ü      Pengisap rokok aktif
ü      Pekerja-pekerja industri seperti ter batubara,dan ter kayu.
ü      Pekerja-pekerja yang menggunakan cat minyak aniline

  1. Faktor Biologis

            Ada beberapa jenis virus atau sekelompok virus yang menyebabkan kanker. Beberapa orang yang berpenyakit kanker,mengandung antibody dan cairan anti kanker  yang telah tersimpan dalam jaringan tubuhnya atas usaha tubuh. Semua kanker yang terdapat dalam tubuh manusia tetap disebabkan oleh virus.

  1. Masalah Hidup dan Kesehatan

            Ada beberapa factor lain dalam kehidupan yang mengubah kelemahan manusia terhadap serangan kanker,seperti usia,kelamin,dan kedudukan dalam keluarga.


BAGIAN TUBUH YANG BIASA DISERANG KANKER

1. Saluran Empedu

Gejala yang pertama-tama dalah penyakit kuning,yaitu mata dan kulit berwarna kuning,yang menyumbat aliran empedu. Biasanya sulit melakukan pembedahan pada daerah ini,apalagi penyakit yang sudah berlangsung lama sebelum menampakkan gejalanya.

2. Kantung Kemih

            Gejala pertama yang timbul pada kanker kantung kemih adalah kehadiran darah dalam air seni. Kantung kemih terserang kanker bisanya karena zat tertentu. Zat-zat kimia tersebut masuk kedalam tubuh dan kemudian akan keluar bersama-sama dengan air seni.

3. Darah

            Leukemia (kanker darah) digolongkan sebagai kanker pada jaringan-jaringan penghasil darah,karena jaringan pembentuk jaringan sel darah tersebut terlibat. Leukemia tergolong penyakit yang sangat jahat yang dapat merenggut jiwa anak-anak tanpa merasakan sakit apapun sampai 10 atau 15 tahun.
Gejala leukemia pada tahap permulaan penyakit dapat terlihat adanya pendarahan pada alat penting seperti otak,limpa kecil membengkak lebih besar dari pada hati,tulang,dan sendi-sendi terasa lunak dan sakit.
            Penangan leukemia biasanya bukan mengobati pasien tetapi mengurangi gejala dan mengobati komplikasi yang mungkin terjadi.

  1. Tulang

            Kanker tulang dapat terjadi dari dalam tulang itu sendiri,jaringan-jaringan yang berdekatan,atau bila sekelompok sel kanker terbawa oleh darah dari bagian tubuh lainnya. Kanker ini biasanya menyebabkan rasa sakit dan tulng menjadi lemh serta mudah patah. Kanker tulang termasuk penyakit yang sulit untuk diobati.

  1. Payudara

            Payudara merupakan bagian tubuh wanita yang biasa diserang kanker. Kanker payudara sangat berbahaya karena semenjak permulaanya penyakit ini terus merambat kebagian-bagian tubuh lainnya.
            Jadi,apabila terdapat gumpalan-gumpalan atau benjolan pada payudara segera periksakan kedokter. Tetapi tidak semua benjolan merupakan kanker,tetapi dengan pemeriksaan yang teliti dapat dipastikan apakah itu tumor ganas atau tumor jinak. Bagi wanita yang telah menopause,bila puting payudara mengeluarkan cairan seperti darah,hal itu merupakan pertanda adanya gejala permulaan kanker.

  1. Leher Rahim

            Kanker leher rahim termasuk berbahaya,terutama bila sudah menyebar kejaringan-jaringan lain,tetapi pada saat masih tahap permulaan dapt dilenyapkan sama sekali.
            Pemeriksaan dapat dilakukan dengan mengambil sedikit lendir dari liang senggama atau dari leher rahim dan memeriksanya dibawah mikroskop. Apabial terdapat perubahan-perubahan pada contoh lendir tadi berarti terdapat tanda atau permulaan kanker.

  1. Usus Besar dan Lobang Dubur

            Kanker dibagian ujung usus jarang terdapat pada orang yang berusia dibawah 40 tahun. Segera diobati bila sudah ada tanda-tanda adanya kanker ditemukan.   
            Metode pengobatannya adalah dengan membuang semua jaringan yang sudah rusak. Dalam tahap yang lebih dini,dapat dilakukan penyinaran dan diperlukan kemotherapi.

  1. Kerongkongan

            Kemungkinan besarnya terjadi pada orang-orang perokok serta peminum alcohol. Kanker ini bias menyerang semua bagian kerongkongan,tapi lebih sering pada bagian yang lebih dekat dengan lambung.

9.Kantung Empedu

            Gejalanya adalah gangguan pencernaan yang terasa sakit di bagian bawah rusuk dan bagian atas perut.
            Kanker ini menimbulkan penyakit kuning karena cairan empedu berhenti mengalir,dan cairan tersebut dapat menumpuk dalam rongga perut. Kanker ini tergolong berbahaya karena menyebabkan angka kematian yang sangat tinggi.

  1. Ginjal

            Kanker ginjal pada orang dewasa terjadi pada usia 45-60 tahun. Tanda yang jelas adalah bila air seni mengandung darah.
            Gejalanya dapat diketahui dengan adanya gumpalan yang tidak terasa sakit pada bagian dalam sisi perut,selain dari air seni yang mengandung darah.

  1. Tenggorokan

            Lebih banyak terdapat pada para perokok. Salah satu kerusakan tenggorokan adalah perubahan suara menjadi parau dan berlangsung secara terus-menerus.

  1. Hati

            Kanker yang terdapat pada hati sering terjadi sebagai akibat serangan kanker yang terjadi pada bagian tubuh yang berdekatan dengan hati,misalnya lambung,usus besar,kantung empedu.
            Gejalanya berbeda-beda,yang sering terjadi adalah penyakit kuning,penumpukan cairan dalam rongga perut,dan bentuk hati bertambah besar.

  1. Paru-paru

            Lebih didominasi oleh para perokok sebagai penderita kanker ini. Gejalanya tidak jelas pada tahap permulaan,sehingga biasanya penderita sudah sempat parah baru mulai diobati.
     
  1. Prostate

            Kanker prostate lebih sering terjadi pada usia 55-75 tahun. Kanker prostate mudah diraba melalui lubang dubur. Cara pengobatannya adalah dengan pembedahan,penyinaran,dan penyuntikan hormone.

  1. Kulit

            Kanker kulit juga termasuk tahi lalat,tardapat pada bagian tubuh yang terbuka seperti muka,leher,dan tangan. Factor penyebabnya adalah kerusakan kulit akibat
Terlalu banyak terkena sinar matahari. Cacat kulit pada yang sudah tua dapat merupakan permulaan kanker kulit.
            Masih banyak lagi bagian-bagian tubuh yang biasa diserang oleh kanker;mulut,lidah,lambung,gondok,hidung dan sebagainya.

MENGENAL KANKER LEBIH DINI
            Cara terbaik untuk menghindari kasus kanker adalah mencegah kanker jangan sampai terjadi,dan mulailah menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang dapat menimbulkan kanker. Berikut ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan sebagai gejala-gejala serangan kanker:
ü      Perubahan BAB dan BAK
ü      Luka yang tidak sembuh-sembuh
ü      Pendarahan aneh dan luka lainnya
ü      Gumpalan atau benjolan di dalam payudara dan ditempat lainnya yang semakin membesar
ü      Pencernaan tidak lancer atau sukar menelan
ü      Perubahan nyata pada tahi lalat
ü      Batuk yang membandal dan suara yang terus parau.

            Bila menemukan salah satu dari gejala-gejala kanker tersebut diatas,maka segeralah memeriksakan diri ke dokter sebelum terlambat. Pemeriksaan secara berkala sangat penting karena beberapa jenis kanker dapat berkembang begitu cepat,sehingga jika terlambat berarti malapetaka.


Sumber: pedoman perawatan dan pengobatan berbagai penyakit.
  
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar