Kamis, 05 April 2012

manfaat membaca untuk otak


MANFAAT MEMBACA UNTUK OTAK
Tak banyak orang yang mampu memberikan waktu luangnya untuk sekedar membaca buku,hal itu di pengaruhi oleh berbagai faktor baik itu karena kesibukan dengan aktivitas yang padat,atau bahkan memang tidak memiliki minat untuk membaca,sebagai jalan keluarnya dengan menonton televisi dan berbagai macam kegiatan lainnya. padahal tanpa disadari membaca itu sangat penting,bukan saja untuk menambah wawasan kita tetapi juga sabagai terapi kesehatan bagi kita. 
berikut ini ada beberapa fakta tentang manfaat membaca bagi otak dan kesehatan.

1. Melatih otak
Salah satu keuntungan membaca buku adalah sebagai latihan otak dan pikiran. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut unutk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang semakin cerdas. Tapi untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin.

2. Meringankan stres
Stres adalah faktor risiko dari beberapa penyakit berbahaya. keindahan bahasa dalam tulisan dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagu untuk mengatasi stres.

3. Menjauhkan risiko penyakit Alzheimer
Membaca benar-benar dapat langsung meningkatkan daya ikat otak. Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, Sudoku, dan lain-lain dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otak dapat terhubung dan tumbuh.

4. Mengembangkan pola tidur yang sehat
Bila Anda terbiasa membaca buku sebelum tidur, maka itu bertindak sebagai alarm bagi tubuh dan mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya tidur. Ini akan membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari.

5. Meningkatkan konsentrasi
Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.

dari pemaparan manfaat tersebut diatas mari perkaya diri anda dengan banyak membaca,karena dengan membaca dapat melatih pikiran dan kesabaran kita serta meningkatkan kesehatan tubuh anda.
Berbagai sumber.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar