Kamis, 05 April 2012

komunikasi keperawatan


Komunikasi Keperawatan
Pendahuluan:
Ø      Komunikasi merupakan alat yang efektif untuk mempengaruhi tingkah laku manusia,sehingga perlu untuk dipelihara serta dikembangkan.
Ø      Komunikasi juga merupakan dasar dari semua perawatan yang bertujuan untuk membantu perkembangan hubungan terapeutik.
Ø      Merupakan prinsip komunikasi yang efektif,karena berhasil tidaknya perawatan sangat bergantung pada luas serta kecakapan komunikasi perawat.

            Indikasi
1.      Mengurangi ketidakpastian
2.      Memperoleh informasi
3.      Menguatkan keyakinan
4.      Pengungkapan perasaan

            Tujuan Komunikasi
Ø      Mempermudah melaksanakan kegiatan tertentu dalam rangka mendapatkan tujuan yang optimal
Ø      Sebagai penyempurnaan perawatan klien yang berkesinambungan
Ø      Meningkatkan system koordinasi pelayan kesehatan antara tim keperawatan.

            Pengertian Komunikasi

                        Menurut Depkes komunikasi adalah saling bertukar informasi,ide,kepercayaan,perasaan serta sikap antara dua orang atau sekelompok      orang.
                        Menurut Harold dan Cyril komunikasi adalah perpindahan informasi dari   satu orang keorang lain.
                        Jadi komunikasi adalah komunikasi yang dilakukan dua orang atau lebih.    Komunikasi merupakan pembagian ide,pikiran,fakta dan pendapat.

            Tipe- tipe Komunikasi
1.      Pelaksanaan,dibagi menjadi 2 bagian:
*komunikasi formal yaitu komunikasi yang terjadi antar dosen dengan mahasiswa dalam ruang lingkup pendidikan
* komunikasi informal yaitu komunikasi yang dalam pelaksanaanya tidak mengenal adanya hirarki atau sangsi.
2. Menurut bentuknya
* komunikasi verbal
* komunikasi non verbal
3. umpan balik yaitu adanya respon dari individu yang menerima informasi.

Ruang lingkup komunikasi
Komunikasi suatu proses penyampaian pikiran seseorang kepada orang lain dapat dibedakan dalam bentuk:
·         Suatu perintah yang merupakan bagian dari proses memimpin
·         Suatu observasi
·         Sebagai informasi
·         Sebagai pelajaran b.d pelatihan/penyuluhan

            Proses Komunikasi
                 
      KOMUNI                               PE                                           KOMU
      KATOR                                  SAN                                        NIKAN

Unsur- unsur Komunikasi

·         Komunikator adalah orang yang menyampaikan informasi.
·         Pesan,adalah sesuatu yang akan disampaikan dalam bentuk ide,pendapat,pikiran dan saran.
·         Saluran komunikasi,yaitu sarana yang digunakan komunikator untuk menyanpaikan informasi kepada komunikan.
·         Metode komunikasi,cara yang digunakan dalam mengadakan hubungan dengan oranglain.
·         Komunikan,yaitu orang yang menjadi objek komunikasi atau pihak yang menerima pesan dari komunikator.
·         Lingkungan komunikasi,yaitu suasana dimana prose situ berlangsung.
·         Umpan balik dari komunikator.

            Lambang Komunikasi
§         Berupa kata,menunjukkan pengertian yang tidak nyata dan tidak dapat dilihat
§         Gambar,menunjukkan kekuatan dalam menyampaikan maksud dan pengertian.
§         Angka,dipergunakan untuk memperlihatkan data statistic.

            Hambatan Komunikasi
            1. Faktor yang bersifat tehknis,misalnya kurangnya penguasaan tehnik                                komunikasi.
            2. Faktor yang sifatnya perilaku,yaitu prasangka yang didasarkan atas         emosi,suasana yang otoriter,serta sifat yang egosentris.
            3. Faktor yang bersifat situasional :
·         Situsi Ekonomi
·         Situasi Sosial
·         Situasi Politik
·         Situasi Keamanan

            Syarat-syarat menggunakan komunikasi yang baik dan benar adalah:
  • Menggunakan bahasa yang baik dan jelas agar mudah dimengerti atau diserap oleh komunikan
  • Lengkap,agar pesan yang disampaikan dipahami secara menyeluruh
  • Atur arus informasi agar antara pengiriman dan umpan balik seimbang.

Komunikasi dalam pemeriksaan

·         Wawancara merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan dalam hubungan antar manusia.
·         Dalam melakukan wawancara aktivitas utama terletak pada pewawancara
·         Pewawancara berusaha menjalin hubungan yang baik untuk menanamkan rasa percaya.
·         Pewawancara mengajukan pertanyaan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan
·         Pewawancara harus menguasai betul isi dari pembicaraan
·         Pewawancara harus menguasai betul akan Psikologi kepribadian.
·         Pewawancara harus menjelaskan tujuan pemeriksaan
·         Komunikasi akan efektif apabila direncanakan dan diatur dan terarah.

Hubungan antar manusia dalam wawancara
  • Hubungan antar manusia adalah sifat-sifat,tingkah laku,waktu dll.
  • Suksesnya hubungan sebagai akibat tidak mengabaikan sopan santun,ramah tamah,menghormati,menghargai dan etika.
  • Perluasan cakrawala pengetahuan.
  • Pewawancara harus mengerti betul akan gerak-gerik tingkah laku yang menjadi lambing komunikasi baik verbal maupun non verbal.

Untuk memperoleh informasi yang akurat dan objektif adalah sebagai berikut :
  • Melalui partisipasi
  • Melalui identifikasi dengan mengenalkan diri dan menanamkan kepercayaan.
  • Melalui jalan persuasi artinya pewawancara dengan sopan dan ramah menjelaskan maksud dan tujuan.
  • Melalui tokoh pengantar,mengajak tokoh-tokoh masyarakat ke tempat wawancara.



Sumber: Hand Out Komunikasi Keperawatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar